Jumat, 11 Oktober 2013

KONSEP DASAR MANAJEMEN

Manajemen Sebagai ILMU (1)
Suatu bidang Ilmu Pengetahuan (science) yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerjasama ini bermanfaat bagi kemanusiaan.
Manajemen Sebagai SENI (2)
Management adalah seni untuk mencapai hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal, demikian pula mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal bagi pimpinan maupun pekerja serta memberikan pelayanan yang sebagaik mungkin kepada masyarakat.
Manajemen sebagai PROFESI (3)
Manajemen sebagai Profesi merupakan suatu bidang pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang yang memiliki keahlian dan ketrampilan sebagai kader, pemimpin atau ‘manajer’ pada suatu organisasi atau perusahaan tertentu.
Manajemen sebagai PROSES (4)
Management adalah proses yang khas terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian dimana dalam masing2 bidang tersebut digunakan ilmu pengetahuan & keahlian yang diikuti secara berurutan dalam usaha mencapai sasaran & tujuan yang telah ditetapkan.

TERMINOLOGI MANAJEMEN
1)      Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Stoner).
2)      Manajemen merupakan ilmu dan seni.
3)      Ada 4 fungsi utama dalam manajemen: Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Pengarahan (Actuating/Directing), dan Pengawasan (Controlling)
4)      Seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (Follet,1997)
5)      Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. (Ernie&Kurniawan, 2005)

FAKTOR-FAKTOR DALAM PENCAPAIAN TUJUAN
1)      Adanya penggunaan sumber daya organisasi, baik sumber daya manusia, maupun faktor-faktor produksi lainnya. Sumber daya tersebut meliputi sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya keuangan, serta informasi (Griffin,2002)
2)      Adanya proses yang bertahap dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengimplementasian, hingga pengendalian dan pengawasan.
3)      Adanya seni dalam menyelesaikan pekerjaan.

SUMBER DAYA ORGANISASI
Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Informasi, Sumber Daya Fisik, Sumber Daya Keuangan, Sumber Daya Alam, dll

PENGERTIAN EFEKTIF & EFISIEN (drucker)
EFEKTIF :
adalah menyelesaikan kegiatan-kegiatan sehingga sasaran organisasi dapat tercapai, digambarkan sebagai melakukan sesuatu atau mengerjakan pekerjaan yang benar atau tepat / doing the right things”
EFISIEN :
adalah memperoleh output terbesar dengan input yang terkecil, digambarkan sebagai “melakukan segala sesuatu atau mengerjakan pekerjaan dengan benar / doing things right”

1 komentar:

  1. Terimakasih materi manajemennya
    saling kunjung ke blog saya ya
    Ikubaru's Blogzia: Labeel Ekonomi

    Mari kita bertukar ilmu :D

    BalasHapus